,

Yang Menarik dari Film The Flash (2023)

The Flash (2023) adalah film petualangan superhero time travel multiverse, yang dipenuhi oleh action dan diwarnai dengan komedi. Dari banyak adegan action, yang paling spektakuler adalah ketika The Flash dan kawan-kawan berhadapan dengan General Zod. Sedangkan komedinya terutama dibangun oleh hubungan antara The Flash yang serius dengan versi lain dirinya yang manja.

Di film ini, The Flash baru mengetahui bahwa dengan kecepatan supernya, ia dapat pergi ke masa lalu. Ia pun memutuskan pergi ke masa lalu untuk mengubah hal buruk yang terjadi dalam hidupnya. Yaitu ibunya terbunuh, dan karena tidak punya alibi, bapaknya dituduh melakukan pembunuhan itu. The Flash ingin mencegah ibunya terbunuh, sehingga bapaknya pun tidak dituduh melakukan suatu pembunuhan.

Namun setelah sampai di masa depan dari masa lalu yang telah diubah itu, The Flash menemukan perubahan yang dilakukan terhadap hidupnya itu juga mengubah dunia secara drastis. Ibunya memang hidup, bapaknya pun tidak dituduh melakukan pembunuhan. Akan tetapi Batman tidak lagi memberantas kejahatan, Superman meninggal ketika masih bayi, Justice League kelompok superheroes di mana mereka menjadi anggotanya pun tidak terbentuk. Yang paling parah, dunia di mana ibunya hidup ini akan binasa.

Momen paling menarik dari film ini ada di akhir film. Diceritakan, The Flash akhirnya menyadari bahwa dunia di mana ibunya hidup itu pasti binasa. Agar dunia tidak binasa, ia harus merelakan ibunya terbunuh. The Flash pun sekali lagi pergi ke masa lalu, kali ini untuk memperbaiki perubahan yang dibuatnya, yaitu dengan membiarkan rangkaian peristiwa yang membuat ibunya terbunuh itu terjadi. Namun tampaknya, sadarnya The Flash ini belum sepenuhnya. Dalam upayanya memperbaiki keadaan, ia masih melakukan dua hal. Pertama, ia memeluk ibunya untuk terakhir kali. Kedua, ia menyiapkan bukti bahwa ayahnya bukan pembunuh ibunya. Setelah melakukan perbaikan, The Flash kembali ke masa kini. Keadaan masa kini persis seperti yang diingatnya, sebelum ia mengubah masa lalu. Namun ternyata, ada perbedaan kecil. Sebelum melakukan perubahan di masa lalu, Batman yang dikenal The Flash adalah versi Ben Affleck. Namun kini, Batman yang ia temui adalah versi George Clooney.

Munculnya Batman versi George Clooney ini sangat menarik. Bukan soal menunjukkan koleksi intellectual property yang dimiliki Warner Bros. Namun tentang menunjukkan bahwa memperbaiki sesuatu itu berbeda dengan membiarkan sesuatu itu apa adanya.

Penjelasannya demikian. Awalnya The Flash hidup di alur waktu pertama, dunia di mana ibunya terbunuh, ayahnya dipenjara, dan Batman-nya Ben Affleck. Kemudian The Flash pergi ke masa lalu untuk melakukan perubahan. Perubahan ini menciptakan alur waktu kedua, dunia di mana ibunya hidup, karena itu ayahnya tidak dipenjara, dan Batman-nya adalah Michael Keaton. Namun dunia yang baik untuk The Flash ini tidak dapat bertahan, pasti binasa. Karena itu, sekali lagi The Flash pergi ke masa lalu, kali ini untuk memperbaiki perubahan yang dibuatnya, yaitu mencegah kematian ibunya. Tampaknya The Flash berpikir bahwa perbaikan yang dilakukannya itu akan mengembalikannya ke alur waktu pertama, dengan sedikit perubahan. Ibunya tetap terbunuh, tetapi ayahnya tidak dipenjara. Namun ternyata, perbaikan yang dilakukannya itu tidak mengembalikannya ke alur waktu pertama, tetapi justru menciptakan alur waktu yang lain yaitu alur waktu ketiga. Karena, jika ia kembali ke alur waktu pertama, maka Batman yang ia temui adalah versi Ben Affleck, seperti sebelum ia mengubah masa lalu. Nyatanya Batman yang ia temui bukan versi Ben Affleck, tetapi versi yang lain lagi, yaitu versi George Clooney. Yang berarti, The Flash sudah tidak berada di alur waktu kedua dengan Batman versi Michael Keaton, tetapi tidak pula kembali ke alur waktu pertama dengan Batman versi Ben Affleck, melainkan ada di alur waktu yang lain lagi yaitu alur waktu ketiga yang Batman-nya adalah versi George Clooney. Dengan demikian, perbaikan yang The Flash lakukan setelah mengubah masa lalu itu tidak mengembalikan keadaan seperti sediakala, melainkan menciptakan keadaan yang baru lagi. Keadaan yang bisa lebih baik atau lebih buruk dari keadaan semula, tetapi yang jelas berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments (

0

)